Wanita Melahirkan Itu Sakitnya Setara 20 Tulang yang Patah Bersamaan, Suami dan Anak Wajib Baca Ini ! 2

loading...
loading...


Di sisi lain persalinan juga menjadi mendebarkan khususnya bagi calon ibu baru, dimana terbayang proses persalinan yang menyakitkan, mengeluarkan energi yang begitu banyak, bahkan juga beresiko menyebabkan kematian.

Proses melahirkan bisa dilakukan dengan normal jalan lahir/vagina (persalinan pervaginam) atau persalinan melalui sayatan pada dinding perut dan dinding rahim (persalinan perabdominam) atau dikenal dengan bedah sesar (seksio sesarea).

Proses panjang persalinan terbagi ke dalam empat tahap, mulai dari pembukaan, tahap mengeluarkan bayi, tahap mengeluarkan plasenta kemudian tahap pengawasa terhadap resiko bahaya pendarahan.

90% manusia bisa melahirkan dengan cara yang normal, hanya sedikit saja yang butuh sesar. Rahim ibu akan mengembang 500 kali lebih besar dari nornal untuk menampung kandungannya. Darah yang hilang adalah hampir setengah liter.

“Melahirkan memang sakit dan itu pasti,” jelas dr Achmad Mediana SpOG, dokter spesialis kebidanan dan kandungan, seperti dikutip Radarislam.com dari laman Republika.co.id (03/05/13). 



loading...
loading...
close